Laman

Pencarian

Sabtu, 18 Februari 2012

Ikhlas itu apa?


Ada satu pertanyaan di benakku yang selama ini kadang gag bisa aku jawab. Dan mungkin sebagian orang juga berpikir sama denganku, hanya saja terkadang pertanyaan ini dianggap remeh padahal sesungguhnya ini menyangkut kehidupan kita. Ya, soal makna dan arti kata ikhlas. Kelihatannya remeh sih, tapi menurutku aku gag bisa berpikir dan terkadang masih bingung apa maksudnya kata ini. Orang-orang bilang: “Kalau mau sedekah itu harus ikhlas”, atau mungkin kayak gini: “Kalau berbuat baik sama orang itu gag boleh mengharapkan imbalan, kudu ikhlas”, dan masih banyak tetek bengek omongan orang.

Sekarang coba kita mikir, kalau misalnya kita menolong seseorang. Orang tersebut berhasil kita tolong dan orang tersebut dengan sukarela memberikan sejumlah “imbalan” untuk kita. Jika menurut omongan yang di atas tadi, pasti kita bilang: “Oh, gag usah mas (kalau yang ditolong laki-laki), saya ikhlas nolongnya”. Dan biasanya orang yang ditolong kita tadi juga gag terima dan ngotot kayak gini: “Oh gag apa-apa, anggap ini sebagai hadiah dan rejekinya mas”. Terus habis itu kita ngotot lagi: “Oh, gag usah mas, saya ikhlas nolongnya gag perlu imbalan apa-apa”. Terus orang itu bilang: “Ealah mas, tinggal nerima aja susah banget sih”. Dan kita yang nolongin bilang gini: “Oh, kan saya harus ikhlas mas”. Orang yang udah ditolongin gag terima: “Mas nerima gag, atau saya pukul nih pakek tinju”. Dan jika diancam seperti itu, tentu mau tidak mau akhirnya kita nerima juga imbalan orang itu.

Dari secuplik kisah di atas, tentunya kita berpikir kalau sesungguhnya ikhlas dalam arti menerima pemberian seseorang juga perlu dilakukan. Apa jadinya kalau orang tadi terus ngotot gag mau nerima pemberian dari orang yang ditolongnya? Wah mungkin jadi tawuran itu, hahaha…

IKHLAS = GAG BOLEH NOLAK REJEKI :D

29 komentar:

  1. wah iya juga yah soca.. hehehe. terkadang sering terjadi insiden kecil kayak gitu pada diriku.. hihihihi ikhlas ato malu-malu :D
    ujung2nya jadi tengsin deh

    BalasHapus
  2. ikhlas itu sama seperti saat kita "spontan" menolong orang lain, dimana tak perlu alasan knp kita menolongnya :) jikapun ada yg memberi apalagi maksa itu artinya dia yg gak ikhlas karena "memberi" setelah ditolong :) intinya u terima aj "hadiah" yg dikasih bukan sebagai imbalan tapi "pahala yg berwujud" hehehe

    BalasHapus
  3. @hima rain: hehe aku juga pernah kayak gtu, mkash kunjungannya :)
    @aulawi ahmad: Iya, lain kali dianggap pahala aj, hehe :D

    BalasHapus
  4. ikhlas aitu memberi tanpa mengharapkan imbalan...

    BalasHapus
  5. ahhaha, yang kata2 terakhir ane suka,, :D IKHLAS = GAK BOLEH NOLAH REJEKI,, wkwkkwkw,,

    BalasHapus
  6. krna aku ihlas membaca postinganmu :D

    BalasHapus
  7. hehehe... bener juga itu mas.... niat awal memang tulus dan ikhlas kan? tapi kalo ujung2nya sampai 'diancam', toh ga ada salahnya diterima, toh yang memberikannya juga ikhlas... jadi pahalanya teteup dapat deh saya rasa... :)

    BalasHapus
  8. ikhlas tu gk perlu diucapin, "saya ikhlas, kok!" atau, "udah saya ikhlasin kok!" dsb.
    itu urusan hati, hnya pelaku dan Allah yg mestinya tau! atau bisakah ente bener2 gk ngarepin imbalan apapun, trmasuk pahala dari Allah! Lakukanlah itu murni karna Allah! itulah ikhlas, insya Allah... ;)

    BalasHapus
  9. Makasih udah mampir di blog saya... udah saya follbek mas...

    ikhlas itu sebenarnya akan selalu dibarengi dengan sebuah perbuatan Ria' jika kita memiliki kepentingan untuk memberi....seperti pada waktu kampaye banyak para calon yang mengatakan "Saya Ikhlas dengan apa yang saya beri" tapi ujung2nya ketika kagak dipilih malah jadi Gila

    Nice Share mas bro...

    BalasHapus
  10. Wah, setuju dengan post ini.. Salam kenal :)

    BalasHapus
  11. ajibbbbbb,, iklas itu.. cuma kita sndiri ama tuhan yg tau ;)

    BalasHapus
  12. Lagian ngasih ko maksa,yach jadinya ane ikhlas nrimo dech,hehe.
    Mantap sop,makasih dah sharing,happy blogging aja.

    BalasHapus
  13. Dalam cerita di atas, bisa jadi pemberian orang yg ditolong itu memang rejeki kita krn sudah ikhlas. Jadi, ikhlas beda urusan dgn menerimanya. Yg penting yg ngasih ikhlas, jadi kita sama2 ikhlas ... kan jadinya plong ^__^

    BalasHapus
  14. Ikhlas itu hanya ALLAH yang mampu mengukur dan menilainya.... he..he.. bukankah hati orang gak da yang tw???

    BalasHapus
  15. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    kesuksesan tidak akan mendatangi anda, kecuali anda mengejarnya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    BalasHapus
  16. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Seorang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan,
    orang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan.,
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus