Laman

Pencarian

Senin, 14 November 2011

Iblis dari Surga


Surga begitu tenangnya, sebelum penciptaan manusia tentunya. Saat itu sebelum Tuhan menciptakan Nabi Adam As, para makhluk ciptaannya berkumpul semua di dalam surga tak terkecuali Iblis. Saat itu iblis digambarkan dengan sosok yang sangat rupawan, memilik sayap empat pasang dan mempesona. Sedangkan para malaikat saat itu menghormatinya. Suasana begitu damai sampai semuanya berubah.

Saat Nabi Adam As telah diciptakan oleh Allah SWT, maka Allah menyeru kepada para malaikat untuk sujud kepada Nabi Adam As. Begitu mulianya manusia yang saat itu bahkan para malaikat pun sujud kepadanya. Saat Allah menyuruh Iblis, dia malah bergeming dan dengan sombongnya berkata,”Ya Allah, kau ciptakan aku dari api, sedangkan dia kau ciptakan dari tanah. Sunguh aku lebih mulia daripada dia. Aku tak mau sujud kepadanya”. LaluAllah pun berkata,”Dasar kau sombong! Laknat-Ku untuk mu”, jawab Allah dengan tegas.

Maka saat itu juga rupa iblis yang semula sangat indah, berubah menjadi buruk rupa. Dan bukan hanya itu saja, iblis juga diusir Allah dari surga. “Ya Allah, sebelum kau mengusirku dari surga, aku minta suatu permintaan”, pinta iblis. “Mintalah hanya kepadaKu”, kata Allah. “Pertama aku ingin agar aku tak bisa mati kecuali pada hari kiamat. Kedua aku ingin agar aku diberi kesempatan agar aku bisa menggoda Adam dan semua cucu-cucunya agar menjadi temanku. Dan aku minta agar semua keturunanku tak bisa mati kecuali pada hari kiamat sehingga mereka senantiasa membantuku menjerumuskan Adam serta semua keturunannya”. Allah pun berkata,”Pintamu telah Kukabulkan, sekarang pergilah kau iblis!”.

Melihat hal itu malaikat Jibril dan Mikail pun menagis. “Kenapa kau menangis?”, tanya Allah. Mereka pun menjawab,”Ya Allah, kami sangat takut akan murka-Mu. Kau jadikan iblis yang semula sangat rupawan menjadi buruk rupa. Kemudian Engkau uga mengusirnya dari SurgaMu”. Kemudian Allah SWT berkata,”Itulah balasan bagi Makhluk-Ku yang sombong”.

Apakah setelah mendengar kisah ini, kita masih berpikir pantas untuk sombong?

30 komentar:

  1. Naudzubillah ya dek... Semoga kita tidak termasuk orang2 sombong yg diceritakan di atas.
    Nice posting, dek...

    Salam kenal ya...
    Ta' kira sudah mas2, ternyata masih SMA ya? hehe...

    BalasHapus
  2. iblis itu pada mulanya malaikat yg paling pintar sehingga membuatnya sombong,, nice posting sobat..

    BalasHapus
  3. geleng-geleng..tanda nggak berani..

    BalasHapus
  4. saya malah sedang mikir, apakah cerita itu benar? (hehehe)

    BalasHapus
  5. posting yang sangat mengilhami.. nice share :D

    BalasHapus
  6. Janganlah Sombong bila masih menginjk tanah

    BalasHapus
  7. jadi ingat kisah nabi adam ketika ia di jahili syaitan tuk memakan buah quldi

    BalasHapus
  8. nice posting... ngajak kita buat berpikir...

    dan dari hasil pikiran saya "saya ga berani sombong :)"

    BalasHapus
  9. Terimakasih sharingnya Soca.
    Btw, tadi kok aku klik salah satu postinganmu kok keluar iklan ya? :-s

    BalasHapus
  10. Iblis yang perfect aja bisa dijadikan buruk rupa.. balasan bwt orang yang sombong bisa berat banget ky gitu ya..

    BalasHapus
  11. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang sombong.

    Amin...

    BalasHapus
  12. sumber tulisannya mana neh? memang kesombongan hanya layak untuk Allah saja. salam

    BalasHapus
  13. kisah dikisahkan dalam al-quran lebih dari 1 kali yang saya ingat ada disurat al-baqoroh, surat Al-qoshosh (kalo gasalah)

    tap untuk quote yang ini:
    "Saat itu iblis digambarkan dengan sosok yang sangat rupawan, memilik sayap empat pasang dan mempesona. Sedangkan para malaikat saat itu menghormatinya."
    saya baru denger loh.. hehehe..

    oya salam kenal..

    BalasHapus
  14. hikmahnya adalah kita jangan pernah memiliki sifat sombong terhadap siapapun.

    BalasHapus
  15. nice post sob...
    semoga kita semua tidak termasuk org sombong... :)

    BalasHapus
  16. Semoga saya tidak mempunyai sifat sombong

    BalasHapus
  17. waaaaahh dari judul postingnya kereenn bangett Iblis dari Surga sereeeeemm, salam kenal dari blogger amatiran lombok utara, kalo bisa blog saya yang super sederhana yang tidak bagus di kunjungi balik, terimakasih, wasalam

    BalasHapus
  18. kunjungan lagi ke sini
    menunggu update terbaru

    BalasHapus
  19. Ih....serem ya mas??
    Udah ah..Gag mau sombong lagi!
    Hehehe..
    Makasih mas infonya.
    Saya baru tahu kisah ini..

    BalasHapus
  20. Ya Allah Ya Rabb...

    bikin bulu kudukku berdiri..

    BalasHapus
  21. Berhati hati lah dengan Iblis.Iblis pandai menggoda hati manusia.Trism sekali sob atas artikelnya.

    BalasHapus
  22. semoga saya tidak termasuk orang2 sombong, amiiin

    BalasHapus
  23. iblis kok dari surga. hhehee serem dong

    BalasHapus
  24. Kok permintaan iblis dikabulin yah, coba aja gak dikabulin gak bakal ada korupsi di indonesia :)

    BalasHapus
  25. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah Swt

    BalasHapus
  26. menyeramkan nih iblis dari surga...

    BalasHapus
  27. wew,, baru tau ada iblis dari surga..
    nice blog bro!! :)

    BalasHapus